PEMBENTUKAN PENGURUS FKUB KUBAR 2021-2024

  • Kamis, 18 Februari 2021 - 08:29:22 WIB
  • Administrator
PEMBENTUKAN PENGURUS FKUB KUBAR 2021-2024

Kepala Badan Kesbangpol Kubar Suwito saat memberikan arahan dalam pertemuan persiapan pembentukan Pengurus FKUB masa

SENDAWAR-Masa kepengurusan Forum kerukunan umat beragama (FKUB) kabupaten Kutai Barat berakhir pada Desember 2020. Menyikapi hal ini Badan kesatuan kebangsaan dan Politik kabupaten Kutai Barat yang dipimpin Suwito mengundang seluruh pimpinan Ormas keagamaan untuk berdiskusi melakukan persiapan kepengurusan baru masa bakti 2021- 2024.

Bertempat di ruang rapat lantai dua badan Kesbangpol komplek perkantoran Pemerintah Kabupaten Kutai Barat, dihadiri Ketua PBNU Kubar KH.Achmad Asrori, Ketua PCNU KH.Chusaiful, Kasubbag TU H. Achmad Sofyan, Perwakilan Agama Kristen, Katholik, Hindu dan Budha,

Dua pesan penting yang beliau sampaikan pada pertemuan ini, pertama pengurus tidak harus diisi oleh ketua Ormas keagamaan namun bisa berasal dari salah satu anggota yang mampu untuk bekerja di pengurusan FKUB. Mendesaknya waktu pembentukan agar setiap perwakilan agama segera menentukan calonnya melalui formatur dan segera mungkin menyerahkan peserta kepada Badan Kesbangpol.

FKUB sebagai mitra penting pemerintah berperan penting dalam  dalam penciptaan kerukunan antar umat beragama. Salah satu upaya yang dilakukan dengan memberikan perizinan berdirinya tempat ibadah di suatu wilayah.

Berdasarkan AD/ART pembentukan, jumlah keseluruhan anggota kepengurusan FKUB Kubar sebanyak 17 orang termasuk ketua terpilih nantinya. Sementara formasi yang disepakati pada pertemuan ini dari masing-masing agama di Kubar untuk Islam, Kristen dan Katolik lima orang, sementara perwakilan agama Hindu dan Budha masing-masing  satu orang.

Menutup pertemuan kali ini Kepala badan Kesbangpol Kutai Barat Suwito berpesan agar seluruh perwakilan agama segera menyerahkan calonnya untuk mendapatkan penetapan SK. Mengingat FKUB kabupaten lain di Kaltim telah terbentuk, belum lagi organisasi ini segera menghadapi berbagai macam rapat koordinasi baik di tingkat provinsi maupun pusat, pinta beliau. (hms36)

 

  • Kamis, 18 Februari 2021 - 08:29:22 WIB
  • Administrator

Berita Terkait Lainnya