JAMUAN MAKAN MALAM BERSAMA PANGDAM

  • Rabu, 03 Maret 2021 - 06:40:52 WIB
  • Administrator
JAMUAN MAKAN MALAM BERSAMA PANGDAM

Pangdam ---Bupati FX Yapan SH Menyerahkan Cinderamata Kepada Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto MM M Tr (Han) Dalam Acara Silaturahmi Dan Jamuan Makan Yang Dilaksanakan Di Balai Agung ATJ.

SENDAWAR – Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto MM M Tr (Han) melakukan kunjungan kerja ke Kubar untuk melihat dan mengetahui langsung perbatasan. Selain itu kedatangan ke Kubar juga untuk bersilaturahmi dengan seluruh Forkopimda dan tokoh masyarakat, agama untuk meyakinkan bahwa kita masih terbangun sinergitas komunikasi dan koordinasi yang baik.

Dalam kesempatan tersebut Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto menyampaikan kehadiran di Kubar murni untuk bersilaturahmi dan membangun kebersamaan, untuk menciptakan suasana yang kondusif dengan saling mengisi dan saling mengajak dan bergotong royong bersama membangun negeri kita, karena tanpa kebersamaan kita menghadapi kesulitan di tengah kondisi saat ini. Turut hadir dalam acara silaturahmi dan jamuan makan yang dilaksanakan di balai agung Aji Tulur Jejangkat Danrem, Dandim 0912, Kapolres Kubar, Wakil Ketua DPRD Kubar, Sekretaris Kabupaten, Kejaksaan, Pengadilan Perwakilan Perusahaan serta Tokoh Agama dan Masyarakat, Senin malam (1/3).

Pangdam menambahkan, kali ini merupakan momen yang sangat langka dimana Pangdam, Korem bisa hadir bersama-sama di Kutai Barat.”Saya kaget  ketika turun dari Helikopter dan menuju Kodim, melihat Kota Sendawar Ibukota Kabupaten Kubar pembangunan begitu rapi bangunan-bangunan juga sangat baik.

Ini merupakan kali pertama saya datang ke Kubar sejak menjabat Pangdam pada tujuh bulan lalu, kunjungan kerja  ke daerah-daerah seperti Kubar ini memang sudah direncanakan namun karena berbagai dinamika kesibukan hingga baru berkesempatan berkunjung ke Kubar saat ini. Dimana kita ingin melihat perkembangan di perbatasan, Kubar termasuk daerah yang berbatasan RI dengan Malaysia yang merupakan tanggung jawab Pangdam yang diberikan amanat bertugas di Kodam VI Mulawarman.

Dalam kesempatan tersebut Pangdam juga mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena kegiatan pilkada di semua wilayah berjalan baik dan lancar, oleh sebab itu saya juga merasa berbangga hati karena hampir tidak ada kendala yang terjadi. Dan terima kasih pula kepada Pemkab Kubar dan seluruh masyarakat yang sudah menyambut baik dan penuh kehangatan kunjungan kerja ini.

Berkenaan dengan penanganan Covid-19 di Kaltim, dimana Pemkab Kubar juga telah melaporkan perkembangan dan permasalahan di Kubar. Situasi dapat teratasi dan terkendali dengan baik, begitu pula terimakasih kepada seluruh tokoh masyarakat dan tokoh agama yang selalu menciptakan kestabilan dan keamanan sehingga Kubar menjadi lebih baik.

Tidak lupa Pangdam menyampaikan selamat atas terpilihnya FX Yapan SH terpilih kembali sebagai Bupati Kubar semoga  pada periode kedua mampu melaksanakan amanah dengan baik, dan semakin meningkatkan pembangunan serta kemajuan Kutai Barat.

Pangdam VI Mulawarman kembali menjelaskan kedatangannya ke Kubar tentu banyak hal yang ingin diketahui terkhusus untuk sektor perbatasan, dimana di timur ada satu batalion dan di barat ada satu batalion. Dan khususnya untuk wilayah Barat meliputi Kubar wilayahnya sangat jauh dan ada tujuh pos yang tidak bisa dijangkau oleh jalur darat harus melewati jalur udara.”Saya menyakinkan para prajurit  untuk dapat melaksanakan tugas dengan baik, karena tugas merupakan suatu kehormatan dan prajurit merupakan bagian dari pertahanan Negara di perbatasan, kita berharap semuanya berjalan dengan lancar semua pos juga bisa berjalan dengan baik,” kata Pangdam.

Kodam sebagai komando daerah militer yang memiliki strategi strategis untuk menegakkan kedaulatan Negara, menjaga pertahanan sekaligus melindungi segenap bangsa. Dimana tugas  pokok utama Kodam adalah pembinaan kemampuan seluruh jajaran kodam yang ada dari tingkat brigadir, batalyon, korem, kodim, dengan kurang lebih 15.300 prajurit di bawah kodam VI.

Kodam juga menjalankan pembinaan kemampuan dan kekuatan, disiplin juga melakukan gelar kekuatan satuan tempur, satuan banpur, satuan teritorial dan kodim dan satuan penugasan di perbatasan yang menjadi tanggung jawab kodam, dengan tugas tersebut tentu harus berupaya semaksimal mungkin bagaimana mampau mengkontribusikan kodam untuk kepentingan wilayah. Tugas kedua yang sangat penting adalah membangun teritorial wilayah  yang memang harus bersinergi dengan pemerintah daerah kepolisian dan seluruh unsur di wilayah agar dapat menjaga kedaulatan wilayah.”Kami selalu bersama-sama pejabat daerah untuk melaksanakan pembinaan ketahanan wilayah, apapun yang terjadi wilayah harus kita jaga bersama semua masyarakat,” tutup Pangdam.

Bupati Kubar FX Yapan SH juga menyampaikan selaku kepala daerah mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pangdam VI/Mulawarman beserta jajarannya hingga Dandim 0912/Kubar, yang selama ini telah membina hubungan dan sinergitas yang sangat baik dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat. Tentu saja menjadi harapan kita bersama, bahwa apa yang telah terbina selama ini dapat semakin mengoptimalkan serta mendukung dan membantu untuk menyukseskan setiap program-program yang telah dicanangkan oleh pemerintah dalam berbagai bidang untuk sejahterakan masyarakat, sesuai dengan yang tertera dalam Undang-Undang Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, yang menyebutkan bahwa tugas pokok TNI untuk melaksanakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Bupati menambahkan, Kabupaten Kutai Barat merupakan salah satu daerah yang telah melaksanakan Pesta Demokrasi Pemilihan Kepala Daerah dengan situasi yang aman serta kondusif, tentu hal ini tak lepas dari adanya sinergitas dan koordinasi yang baik antara Pemerintah Daerah melalui pihak terkait, Penyelenggara Pilkada dalam hal ini KPU serta juga dengan pihak TNI dan Polri dalam wilayah Kabupaten Kutai Barat.

Besar harapan saya, sinergitas dan koordinasi yang baik ini dapat terus berjalan berdampingan dengan harmonis terutama dalam rangka menjaga ketertiban, kondusifitas dan peningkatan kesejahteraan masyarakat dalam wilayah kerja masing-masing. Selanjutnya, melalui kunjungan kerja ini juga dapat dijadikan acuan untuk terus melanjutkan kerjasama yang baik antara Pemerintah Daerah dengan seluruh rekan Pimpinan Forkopimda serta jajarannya untuk Hari Esok Yang Lebih Baik Daripada Hari Ini.(hms10)

 

  • Rabu, 03 Maret 2021 - 06:40:52 WIB
  • Administrator

Berita Terkait Lainnya