Kuota Vaksin Kubar Aman dan Lancar

  • Selasa, 31 Agustus 2021 - 05:15:25 WIB
  • Administrator
Kuota Vaksin Kubar Aman dan Lancar

Kadinkes Kutai Barat, dr.Ritawati Sinaga,M.Si

SENDAWAR – Kuota Vaksin kedepan tentunya lebih lancar dan dipastikan tidak akan kosong. Kepala Dinas Kesehatan dokter Ritawati Sinaga M Si menuturkan pihaknya terus mengusulkan penambahan kuota Vaksin untuk Kubar ke Dinas Kesehatan Provinsi, Senin (30/8).

“Dengan adanya permintaan penambahan kuota vaksin oleh Pemkab Kubar yang langsung ditanggapi Presiden yang berjanji memberikan penambahan kuota vaksin ketika melakukan kunjungan kerja dan vaksinasi serentak di sembilan kabupaten kota di Kaltim. Namun untuk jumlah vaksin yang diberikan nanti kita tidak mengetahui secara pasti, tentu tergantung dari jatah Kaltim yang diberikan Pusat. Dimana pemerintah pusat terus pendistribusian vaksin ke Provinsi Kaltim dan Provinsi juga mendistribusikan ke Kabupaten kota,” kata Kadinkes.

Kepala Dinas Kesehatan dokter Ritawati Sinaga M Si menuturkan untuk saat ini sudah dilakukan Vaksinasi Moderna 4300 dosis dan astrazeneca 2000 dosis.  Saat ini tersedia vaksin coronavac sejenis Sinovac 1150 Pial atau 2300 dosisi. Vaksin tersebut terdiri dari 180 pial untuk TNI, 250 pial  untuk Polri yang akan diberikan Vaksinasi kepada masyarakat dan untuk Dinas Kesehatan sebanyak 720 pial yang akan dibagikan ke Puskesmas-puskesmas. “Berbeda dari sebelumnya untuk saat ini 1 Pial dengan dosisi untuk dua orang, dahulu 1 pial  10 dosis/untuk 10 orang,” terang Kadiskes.

“Ketika kita sudah habis menggunakan vaksin yang ada maka akan langsung terbaca di sistem, dimana untuk kegiatan pelaporan penggunaan vaksin sudah secara online, oleh sebab itu targetnya kuota vaksin yang ada saat ini segera kita vaksinasi kan kepada masyarakat yang belum divaksin sehingga Kubar akan terus mendapatkan lagi kuota vaksin, dan kedepan tentunya kuota vaksin akan lancar,” kata kadiskes.

Kadiskes juga sangat mengapresiasi semangat masyarakat kubar yang mau divaksin, saat ini vaksin sudah lancar dari provinsi. Dan untuk total 2300 dosis vaksin diprioritaskan untuk yang dosis kedua. Berkenaan dengan wacana pembelajaran tatap muka maka pemberian vaksin akan difokuskan pada usia 12-18 tahun. Dan untuk diketahui sisa yang belum divaksin kedua tinggal sedikit, selebihnya sasarannya untuk para pelajar.

Untuk kegiatan vaksinasi pelajar dengan usia 12-18 tahun diserahkan kepada Puskesmas, yang mana Puskesmas akan melakukan vaksinasi massal dengan jemput bola dengan cara bekerjasama dengan pihak sekolah anak didik dipanggil selanjutnya diatur secara bertahap jumlah dan jam para pelajar hadir di sekolah agar tidak berkerumun.

Dalam kesempatan tersebut Kadinkes menghimbau dan berharap dalam pelaksanaan vaksinasi, kedepan kuota vaksin lebih lancar diharapkan semua masyarakat Kubar bisa divaksin dan memberanikan diri untuk divaksin secara tertib dan bisa mendaftarkan secara online di puskesmas, dan masyarakat akan mendapatkan panggilan sesuai jatah vaksin yang ada serta sesuai waktu yang disepakati dengan masing-masing puskesmas.

Sekali lagi jangan takut dan jangan percaya dengan berita hoax, karena vaksin Halal dan dijamin aman oleh pemerintah dan BPOM. Jika ada reaksi dari tubuh tandanya baik, yang mana ada perlawanan dari antibodi untuk mengenali bibit penyakit coronavirus.(Hms10)

 

  • Selasa, 31 Agustus 2021 - 05:15:25 WIB
  • Administrator

Berita Terkait Lainnya