Selaraskan Program Dari Seluruh PD

  • Selasa, 09 Juli 2024 - 16:48:57 WIB
  • Administrator
Selaraskan Program Dari Seluruh PD

Asisten Ii Rahkmat Membuka Kegiatan Presentasi Draft Laporan Pendahuluan Penyusunan Kajian Rencana Aksi Daerah,Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Dan Sustainable Development Goals Kabupaten Kutai Barat.

SENDAWAR – Sebagai upaya menyediakan kerangka program yang terukur, untuk mencapai pembangunan yang berkelanjutan, serta menyelaraskan program-program dari seluruh Perangkat Daerah di kabupaten Kubar, guna mendukung pembangunan yang berkelanjutan. Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) melakukan Presentasi Draft Laporan Pendahuluan Penyusunan Kajian Rencana Aksi Daerah (RAD) Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) Sustainable Development Goals (SDGS) Kabupaten Kutai Barat di ruang Pertemuan I Bappelitbangda Lantai II, Kamis (4/7).

Selanjutnya dalam sambutan tertulis Bupati FX Yapan SH MH yang dibacakan Asisten II Ekonomi, Pembangunan dan SDA Drs Rahkmat M Si mengharapkan melalui presentasi RAD akan menambah wawasan dan pengetahuan dalam menyusun Rencana Aksi Daerah yang memuat sasaran, strategi, dan fokus kegiatan prioritas, sebagai pedoman bagi kita selaku pemerintah daerah, dalam menyusun dan mengimplementasikan tujuan pembangunan berkelanjutan, sehingga kualitas pembangunan di Kabupaten Kutai Barat akan terus meningkat. Turut Hadir Kepala Bappelitbangda, Perhubungan, Dinas Sosial dan BPBD, serta para Sekretaris dan Camat dilingkungan Pemkab Kubar.

Dalam kesempatan yang sama Bupati menyampaikan atas nama Pribadi maupun Pemerintah mengucapkan selamat datang kepada Tim Tenaga Ahli dari Pusat Implementasi Gagasan (PEGAS) Politeknik Pertanian Negeri Samarinda, yang berkenan memberikan ilmu bagi Seluruh PD dilingkungan Pemkab Kubar.

Bupati menambahkan, upaya pencapaian target TPB sebagai sebuah agenda pembangunan global tidak hanya bertumpu pada level pemerintah pusat atau nasional, akan tetapi justru sangat bergantung pada mobilitas di tingkat Kabupaten/kota dan sampai ke tingkat basis. Sementara itu, dalam konteks perencanaan pembangunan daerah upaya pencapaian target TPB menjadi isu yang sangat strategis, tidak hanya dikaitkan dengan pengintegrasian dalam dokumen perencanaan pembangunan daerah, akan tetapi juga diintegrasikan dengan potensi yang ada di tingkat daerah. Untuk memastikan bahwa keputusan dan tindakan di tingkat daerah berkontribusi pada keberlanjutan secara keseluruhan dengan arah dan prioritas yang terukur dan jelas, maka perlu disusun sebuah dokumen yang memuat rencana yang strategis berupa Rencana Aksi Daerah.

Berangkat dari pemahaman akan pentingnya peran Rencana Aksi Daerah bagi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, Bupati menyampaikan pesan dan harapan agar seluruh PD bisa meningkatkan komitmen serta kerjasama secara kolaboratif antara seluruh pemangku kepentingan baik itu pemerintah, sektor swasta, Lembaga swadaya masyarakat (LSM), akademisi dan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat terutama dalam mengembangkan strategi dan kebijakan untuk mendukung pelaksanaan hingga tercapainya tujuan pembangunan berkelanjutan serta melakukan upaya inovasi melalui sektor pembiayaan dan mobilisasi sumber pembiayaan baru non pemerintah dalam  pencapaian bersama TPB/SDGs dari sektor-sektor swasta dan bantuan luar negeri guna meningkatkan kesejahteraan sosial dan ekonomi masyarakat.

Secara khusus kepada para peserta yang hadir saat ini sebagai representasi dari perangkat daerah serta instansi terkait agar mengoptimalkan peran sertanya dalam mendukung suksesnya kegiatan penyusunan dokumen Rencana Aksi Daerah (RAD) Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB). Sehingga dokumen yang disusun nantinya bisa diimplementasikan dan disusun dengan sebaik mungkin. Tentunya kita tidak berharap dokumen RAD ini hanya sebagai pelengkap dokumen rencana, akan tetapi dokumen yang akan disusun ini hendaknya benar-benar dapat kita pergunakan sebagai dasar dalam mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan sekaligus mendukung cita-cita daerah dalam mewujudkan Hari Esok Kutai Barat Lebih Baik Daripada Hari Ini.(KP10)

  • Selasa, 09 Juli 2024 - 16:48:57 WIB
  • Administrator

Berita Terkait Lainnya