KARYAWAN TAMBANG/PERKEBUNAN SEUSAI CUTI WAJIB LAPOR

  • Selasa, 24 Maret 2020 - 08:46:29 WIB
  • Administrator
KARYAWAN TAMBANG/PERKEBUNAN SEUSAI CUTI WAJIB LAPOR

SENDAWAR – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kutai Barat mewajibkan seluruh karyawan tambang, perkebunan sepulang cuti dari luar Kubar melapor, memeriksakan diri dan dikarantina selama empat hari, Senin (23/3).

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kutai Barat Silan SE MM menuturkan sesuai Surat Edaran Bupati Kutai Barat nomor 440/1170/Dinkes-sekretariat/III/2020 tentang tindak lanjut Pencegahan Penyebaran Penyebaran Corona Virus Deases (Covid 19). Semua Aparatur Sipil Negara (ASN), seluruh TKK untuk saling bekerjasama dalam menjaga masuknya dan penyebaran Covid-19.

“Dinas Tenaga Kerja selain sebagai tempat mencari lowongan pekerjaan juga sebagai tempat mengadu ketika mendapat masalah Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), untuk itu di harapkan kepada semua ASN dan staf bisa mengikuti arahan sesuai petunjuk dalam edaran Bupati tanggal 17 Maret 2020 tersebut,” ujar Silan.

Silan  menambahkan, bagi ASN dan staf yang saat ini masih mengikuti perjalanan dinas untuk segera melaporkan kepada dinas kesehatan setempat agar mendapatkan pemantauan dengan menunjukan Surat Perintah Tugas (SPT),dan jika diintruksikan untuk pulang, maka diminta dengan segera kepada ASN tersebut untuk kembali ke tempat asal guna mendapatkan pemantauan lebih lanjut pada Dinas kesehatan Kabupaten Kutai Barat, sehingga mudah dipantau melalui daftar Orang Dalam Pantauan (ODP) hal ini dimaksud supaya bisa di cegah sedini mungkin penyebarannya sebelum benar-benar jadi Pasien Dalam Pantauan (PDP).

Secara terpisah Kepala Seksi Pencegahan dan Penyelesaian Hubungan Industrial yang juga Mediator Hubungan Industrial Disnakertrans Kutai Barat Eliansyah SH MSi meminta kepada seluruh Perushaan yang ada di Kutai Barat baik itu disektor tambang maupun sektor perkebun untuk sama-sama memantau masuknya penyebaran corona virus disease covid-19,terutama dalam pengaturan cuti bagi pekerja/buruh.

 

Bagi pekerja yang baru pulang dari cuti wajib melapor dan memeriksakan diri diposko sebelum masuk kedalam ruang lingkup kerja baik itu mes ataupun lokasi kerja. Bagi karyawan yang baru selesai cuti dan pulang dari luar daerah tetap disarankan untuk dirumahkan/Karantina sealma 14 hari guna pencegahan penyebaran covid-19 yang kemungkinan didapat dari daerah yang sudah terjangkit, jadi selama 14 hari pekerja/buruh atau siapapun itu pelakunya untuk tetap tinggal dirumah atau ditempat terpisah demi pencegahan penyeberan virus corona demi keselamatan pribadi maupun orang lain disekitarnya,” katanya.

Begitu juga jika terdapat gejala-gejala penyakit yang timbul dari perjalan pergi ataupun pulang cuti para pekerja/buruh sebaiknya segera dilakukan check medical ulang, dan segera laporkan ke Puskesmas setempat supaya segera mendapatkan penanganan lebih lanjut. (hms10)

 

  • Selasa, 24 Maret 2020 - 08:46:29 WIB
  • Administrator

Berita Terkait Lainnya