Sekretaris Kabupaten Ayonius Membuka Launching Dan Sosialisasi Sistem Informasi Pelaporan Pembangunan (SIPP)
SAMARINDA – Sebagai langkah untuk mencapai Pengendalian Dan Evaluasi Pelaporan Yang Lebih Efektif Dan Efisien, Pemkab Kubar melalui Bagian Administrasi Pembangunan menyelenggarakan Launching Dan Sosialisasi Sistem Informasi Pelaporan Pembangunan (SIPP) Tahun 2023 bekerja sama dengan CV Segitiga Indosakti. Acara tersebut dilaksanakan di Crystal Ballroom II Hotel Mercure Samarinda, dan dibuka secara langsung Sekretaris Kabupaten Dr Ayonius S Pd MM,Kamis (9/11).
Dalam sambutan tertulis Bupati FX Yapan SH MH yang dibacakan Sekretaris Kabupaten Dr Ayonius S Pd MM menjelaskan dengan aplikasi SIPP/sipp.kutaibaratkab.go.id, yang merupakan alat bantu untuk melaksanakan laporan pembangunan dan evaluasi bisa lebih maksimal.”Dimana selama ini realisasi penyerapan anggaran yang masih dilaporkan secara manual belum maksimal, maka diperlukan sistem pengendalian dan evaluasi pelaporan yang lebih efektif dan efisien,” kata Bupati. Turut hadir 250 peserta diantaranya Asisten II, Kepala PD, para Camat dan Perwakilan RSUD HIS.
Bupati menambahkan, dalam upaya meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih dan akuntabel demi penyelenggaraan pemerintahan hari esok yang lebih baik daripada hari ini. Di usia Kabupaten Kutai Barat yang telah menginjak 24 tahun, membuat Pemkab Kubar terus berupaya melakukan berbagai pembenahan-pembenahan di berbagai unsur terkait penyelenggaraan pemerintahan, yang salah satunya ialah ketersediaan data-data yang valid dan akurat terutama data dasar dalam proses evaluasi kinerja perangkat daerah dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan.
Dengan demikian Pemkab Kubar melalui Bagian Administrasi Pembangunan menginisiasi sistem informasi yang Membantu Menyediakan Data Dasar Dalam Proses Evaluasi Kinerja Perangkat Daerah Serta Menyediakan Fasilitas Pelaporan Dengan Menu Yang Disesuaikan Dengan Kondisi Pelaporan Dan Kebijakan Yang Ada, yang mana hal ini juga mendukung suksesnya misi kerja Pemerintah.
Memahami output penting melalui pelaksanaan agenda Launching dan sosialisasi SIPP, secara khusus Bupati menyampaikan pesan dan harapan mengingat Aplikasi ini bermanfaat untuk membantu pengendalian kinerja dalam rangka mewujudkan pelaporan yang tepat waktu, tepat administrasi dan tepat sasaran maka perlu saya tekankan kepada perangkat daerah terkait untuk dapat berpartisipasi secara aktif dalam ketersediaan data yang dibutuhkan.
Selanjutnya diharapkan dengan dilaksanakannya Sosialisasi Aplikasi Sistem Informasi Pelaporan Pembangunan (SIPP) Ini Perangkat Daerah dapat Memahami dan Menginput Data Realisasi Fisik Keuangan Ke Dalam Aplikasi Sipp, Mempermudah Dalam Penyajian Laporan Kinerja, Serta Mempermudah Dalam Melakukan Pengawasan Internal Pada Perangkat Daerah.
Terakhir terkait kegiatan hari ini, sekali lagi saya mengajak kita semua agar dapat memanfaatkan kesempatan ini secara optimal, sehingga apa yang menjadi maksud dan tujuan kegiatan ini dapat terlaksana. Mari berikan sumbangsih pemikiran sebagai langkah yang mendukung kebijakan dan upaya kita bersinergi untuk Terwujudnya Kutai Barat yang Semakin Adil, Mandiri dan Sejahtera Berlandaskan Ekonomi Kerakyatan dan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia.
Secara khusus Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Amon menjelaskan, saran dari kegiatan ini semua satuan kerja perangkat daerah, dengan dilakukannya sosialisasi dan launching SIPP PD dapat memahami dan meng input data realisasi fisik keuangan kedalam aplikasi SIPP, mempermudah dalam penyajian laporan kinerja, serta mempermudah dalam melakukan pengawasan pada PD.(KP10)