Pemilihan Duta dan Putri Wisata Kutai Barat 2020

  • Senin, 17 Februari 2020 - 10:34:14 WIB
  • Administrator
Pemilihan Duta dan Putri Wisata Kutai Barat 2020

SENDAWAR – , Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Barat telah membuka pendaftaran secara terbuka dari 6 Januari sampai 26 Februari mendatang, untuk pemilihan Duta Wisata dan Putri Pariwisata tingkat Kabupaten Kutai Barat tahun 2020. Hingga saat ini sudah ada 60 peserta yang mendaftarkan diri.

Kepala Bidang Pengembangan Karya Seni dan Budaya Christina Dana Rika SE M Si menjelaskan, kegiatan pemilihan Duta Wisata dan Putri Pariwisata tingkat Kabupaten dilakukan untuk mengembangkan potensi diri menjadi generasi muda yang berprestasi.

Dengan pemilihan duta wisata ini juga diharapkan, kedepan putra putri Kubar nantinya mampu menyosialiasikan atau mempromosikan tentang keanekaragaman seni dan budaya, produk, dan potensi unggulan wisata daerah lainnya di Kabupaten Kutai Barat. Selain itu acara ini juga upaya untuk memberikan kesempatan kepada generasi muda berpartisipasi dalam melestarikan dan meningkatkan sektor pariwisata guna kemajuan Kubar, serta meningkatkan kepedulian generasi muda terhadap pelestarian budaya dan alam sebagai sarana objek wisata.

Selanjutnya Christina menjelaskan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memilih teladan generasi muda Kubar yang mampu berperan sebagai duta wisata dan perwakilan duta wisata pada pemilihan serupa di tingkat Provinsi Kaltim pada ajang Putra Putri Mahakam bahkan pemilihan duta wisata tingkat Nasional.

Dengan terpilihnya duta wisata tahun 2020, para pemenang diharapkan bisa bertindak sebagai duta untuk mempromosikan dan memperkenalkan wisata di Kubar kepada seluruh masyarakat mulai tingkat Kabupaten, Provinsi, Nasional hingga Internasional.

Dijelaskan bahwa setelah pendaftaran, selanjutnya tanggal 28 Februari dilakukan seleksi peserta duta wisata,  penyelempangan dan pemotretan finalis duta wisata 2020. Tanggal 29 Februari dilanjutkan kegiatan Outbond serta tes tertulis. Berikutnya, pada 9 Maret peserta dikarantina dan mendapat pembekalan. Akhirnya, puncak kegiatan pada 11 Maret yakni Grand final pemilihan Duta Wisata dan Putri Pariwisata tingkat Kabupaten Kutai Barat tahun 2020.

Dalam kesempatan tersebut Christina menegaskan, kemajuan kepariwisataan Kubar tidak lepas dari peran serta duta wisata, karena duta wisata yang terpilih nantinya adalah putra-putri terbaik dari beribu generasi muda Kubar.

"Jadilah pelopor dan agen pariwisata selanjutnya karena ajang ini intinya untuk pengembangan karya seni budaya demi membentuk generasi muda yang lebih kreatif, inovatif, profesional dan berakhlak," pungkas Christina Dana Rika.(hms10-hkd)

  • Senin, 17 Februari 2020 - 10:34:14 WIB
  • Administrator

Berita Terkait Lainnya