Masyarakat Diajak Sukseskan Festival Danau Jempang FDJ 2020

  • Selasa, 11 Februari 2020 - 12:16:22 WIB
  • Administrator
Masyarakat Diajak Sukseskan Festival Danau Jempang FDJ 2020

PANTAU : Wabup Kubar Edyanto Arkan (kiri, deretan belakang) bersama Camat Jempang Jumra (kanan, deretan belakang) dan Kepala Dissos Kubar Ampeng (kanan, deretan depan)  menggunakan perahu ketinting melihat keindahan Danau Jempang (DJ).

SENDAWAR - Festival Danau Jempang (FDJ) wacananya akan dilaksanakan pada April 2020 mendatang di Kecamatan Jempang. Diharapkan dapat menjadi pemicu perkembangan pariwisata di Kubar.

“Keberadaan festival ini bisa menjadi magnet wisata serta pengembangan kehidupan masyarakat adat, hingga pengakuan negara akan eksistensi adat budaya setempat,” kata Wabup Kubar Edyanto Arkan, saat memantau Danau Jempang (DJ), di Kecamatan Jempang.

Dalam FDJ ini nantinya ada kegiatan besar yang dilakukan seluruh Kaltim dan semuanya berpusat di Kecamatan Jempang. FDJ juga sebagai percontohan di Kaltim.

"Tunjukkan bahwa Kubar mampu melaksanakan event-event tingkat provinsi dan nasional. Mari sambut FDJ ini agar lebih meriah dan sukses. Supaya lebih banyak wisatawan yang berkunjung,” ajak Edyanto.

Camat Jempang Jumra menambahkan, DJ merupakan salah satu aset wisata Kubar yang potensial dan menjadi salah satu objek wisata andalan. Hal ini dikarenakan keindahan wisata danau ini. Selain itu, fauna-fauna seperti Burung Kuntul yang bermain-main di danau menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Lanjut Jumra, tidak hanya keindahan alamnya yang dapat dinikmati, tetapi juga kelestarian seni budaya dan adat-istiadat masyarakat sekitar danau. Potensi seni budaya lokal masyarakat tempat tersebut terpusat di Kampung Tanjung Isuy, ibu kota Kecamatan Jempang. 

DJ memiliki hamparan keindahan seluas sekitar 14.600 hektare dengan kedalaman tujuh hingga delapan meter. Danau ini dikelilingi oleh beberapa kampung. Diantaranya, Muara Ohong, Tanjung Jone, Tanjung Jan, Tanjung Isuy, dan Kecamatan Penyinggahan.

"Jika dikelola dengan baik, wisata danau ini akan berdampak pada peningkatan pendapatan masyarakat setempat yang pada akhirnya mewujudkan kehidupan yang lebih sejahtera dan lebih baik,” terang Jumra. (hms6-hkd)

 

 

  • Selasa, 11 Februari 2020 - 12:16:22 WIB
  • Administrator

Berita Terkait Lainnya