Pemerintah Kampung Harus Gunakan Dana Desa Dengan Penuh Tanggungjawab

  • Rabu, 22 September 2021 - 04:55:15 WIB
  • Administrator
Pemerintah Kampung Harus Gunakan Dana Desa Dengan Penuh Tanggungjawab

Tinjau PKTD --- Kepala DPMK Kubar Faustinus Syaidirahman Terus Melakukan Peninjauan Dan Evaluasi Pembangunan PKDT di Kampung Dempar Dan Sembuan Kecamatan Nyuatan.

SENDAWAR – Berdasarkan hasil peninjauan langsung penggunaan Dana Desa  (DD) untuk pembangunan kegiatan PKTD di Kampung  Dempar dan Sembuan Kecamatan Nyuatan sudah dilaksanakan sesuai petunjukn teknis yang ada, serta dalam pelaksanaan kegiatan PKTD tetap menerapkan protokol kesehatan. Dan dari hasil pantauan semua kampung sudah melaksanakan sesuai ketentuan dan petunjuk teknis yang ada, Senin (20/9) baru-baru ini.

Kepala DPMK Kubar Faustinus Syaidirahman menjelaskan dari hasil pengecekan PKTD di Kampung Dempar  DD dipergunakan untuk pembuatan jalan ke dermaga, dan sudah terksanakan 100 persen, kemudian untuk DD tahap kedua juga untuk melanjutkan kegiatan tersebut.  Sementara peninjauan di kampung Sembuan, kegiatan PKTD untuk kegiatan semenisasi yang menghubungkan jalan kampung juga sudah terlaksana 100 persen.

Lebih lanjut Kepala DPMK Faustinus Syaidirahman menjelaskan prinsip dalam penggunaan dana desa harus transparan dan keterbukaan menjadi kunci utama, oleh sebab itu dalam peninjauam kegiatan fisik juga dilihat secara langsung asas transparansi. “Kepala kampung harus memasang info publik ditempat-tempat strategis di kampung, yang mengimpormasikan penggunaan DD tahun 2021,” kata Kepala DPMK.

“Disetiap kampung yang sudah kita lakukan peninjauan, sudah disampaikan harus ada info grafis. Hal tersebut wajib ada disemua kampung karena hal tersebut menjadi barang wajib untuk semua kampung sebagai transparansi dalam penggunaan dana desa yang harus diketahui secara jelas oleh seluruh masyarakat kampung,” terang Syaidirahman.

Selain itu juga ditempat-tempat kegiatan PKTD juga harus ada/wajib dibuatkan plang informasi agar masyarakat bisa melihat dan bisa mengontrol betul tidak anggaran yang digunakan sesuai dengan kondisi rill dilapangan, itulah maksud dari info publik dan plang kegiatan menjadi wajib, sehingga kontrol masyarakat betul-betul bisa berjalan dan pemerintahan kampung melaksanakan kegiatan penuh dengan rasa tanggung jawab.

Dalam kesempatan tersebut Kepala DPMK juga menjelaskan di dalam pembangunan tentu membutuhkan proses yang panjang dan butuh dukungan penuh dari seluruh elemen masyarakat tanpa terkecuali, maka besar harapan ragam pembangunan yang dilaksanakan dapat memberikan dampak yang positif bagi seluruh masyarakat, terutama dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. Selain daripada itu,berpesan agar bersama kita menjaga fasilitas publik sesuai dengan fungsi dan kegunaannya, serta pemakaiannya dengan penuh tanggung jawab.

Sekali lagi kepala kampung se Kubar wajib memasang info fublik, dan kunci utama dalam penggunaan anggaran adalah transparansi dan jika ada pergeseran/perubahan kegiatan harus dimusyawarahkan.”Jangan petinggi melaksanakan sesukanya, tetapi harus mengikuti ketentuan sesuai mekanisme pengunaan dana desa,” tutup Syaidirahman.(hms10)

 

 

  • Rabu, 22 September 2021 - 04:55:15 WIB
  • Administrator

Berita Terkait Lainnya