Khasanah Kerajinan dan Budaya Daerah Mampu Mendukung Ekonomi Kreatif

  • Senin, 06 Januari 2020 - 07:04:43 WIB
  • Administrator
Khasanah Kerajinan dan Budaya Daerah Mampu Mendukung Ekonomi Kreatif

PELUANG USAHA : Kresensia Rikam (kadua kanan (berdiri)) didampingi Yuyun Diah S (pertama kanan (duduk)) bersama perajin saat mempromosikan kerajinan khas Kubar, di event parade festival adat Tonyooi Benuaq 2019, di Lantai 3 Ramayana Robinson, Samarinda.

SENDAWAR-Khasanah dan kekayaan di sektor kerajinan dan budaya yang dimiliki setiap daerah, dinilai mampu mendukung ekonomi kreatif. Salah satunya, mewujudkan Kutai Barat (Kubar) sejahtera.

Kresensia Rikam selaku Wakil Ketua Harian Dekranasda Kubar mengatakan, dengan kerajinan dan budaya tersebut, Kubar bisa dikenal dan wisatawan pun semakin antusias akan berkunjung. Apalagi Kubar memiliki aneka ragam potensi kerajinan dan kebudayaan yang bisa menjadi keunggulan.“Tentunya tidak kalah dengan daerah lain yang ada, di nusantara Indonesia,”kata Kresensia Rikam.

Dia menyampaikan, pada event parade festival adat Tonyooi Benuaq 2019, di Lantai 3 Ramayana Robinson, Jalan M. Yamin Samarinda, belum lama ini. Kegiatan ini, diselenggarakan EO Paper Management dan Sempekat Tonyooi Benuaq (STB) Kota Samarinda bekerjasama Tim Kesenian Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kubar.

Sekretarisnya, Yuyun Diah S menambahkan pada event tersebut, Dekranasda bekerjasama Sanggar Seni Banir Kubar menampilkan tarian khas Kubar. Selain itu, Dekranasda juga berpartisifasi dalam pameran itu dan membawa tiga perajin dibawah binaan Dekranasda. Yakni,tenun doyo, anyaman rotan dan seraung.

Ketiga perajin tersebut, mendemonstrasikan kebolehannya dengan peralatannya masing-masing, dalam mengolah kerajinan. Hal itu dimaksudkan, agar para pengunjung bisa mengetahui proses pembuatan kerajinan tersebut.

Diakuinya, para penenun tersebut mampu menghadirkan nuansa tersendiri mengenai keindahan etnik Kubar. Para pengunjung pun bisa berdialog langsung dengan para perajin proses membuat kerajinan tersebut.“Event ini sangat bagus dan membuka peluang ekonomi bagi Kubar, guna melestarikan dan memperkenalkan keanekaragaman khas Kubar,”katanya.

Dengan mengikuti kegiatan ini diharapkan menjadi ajang yang baik untuk mempromosikan potensi budaya Kubar. Sehingga Kubar tidak hanya dikenal oleh masyarakat Indonesia,  namun juga warga dunia,”ujarnya. (hms6)

 

  • Senin, 06 Januari 2020 - 07:04:43 WIB
  • Administrator

Berita Terkait Lainnya